Memilih Night Cream Dengan Pelembap Yang Sehat

Memilih Night Cream Dengan Pelembap Yang Sehat

Salah satu manfaat dari night cream adalah fungsinya sebagai pelembab atau moisturizer, yang akan bertindak sebagai pembatas pelindung untuk kulit Anda, menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Meskipun ada kebingungan seputar perlukah menggunakan pelembab, kebanyakan para ahli merekomendasikan untuk menggunakannya setiap hari. Selain menjaga diet yang sehat dan mengatasi stres, Anda disarankan untuk menggunakan night cream yang mengandung pelembab yang cocok dengan jenis kulit dan dapat membuat kulit terlihat dan terasa lembut. 

Regimen perawatan kulit yang baik melibatkan penggunaan night cream, pelembap, dan perlindungan sinar matahari untuk melawan radikal bebas dan menghalau sinar UV dari matahari. Akademi Dermatologi Amerika merekomendasikan menggunakan pelembab setelah mandi sehingga kulit yang masih basah dan mengunci kelembaban. Berdasarkan beberapa alasan, termasuk gen dan faktor seperti diet, jenis kulit Anda masuk ke dalam satu dari 5 kategori, dengan jenis yang paling sering dijumpai pada wanita adalah kulit kombinasi. Sangat penting untuk mengetahui jenis kulit Anda sehingga Anda menggunakan produk yang tepat pada wajah. Kulit yang sangat kering mungkin tidak akan mendapatkan manfaat dari produk berbahan air, sementara kulit yang lebih kering akan mendapatkan manfaat dari pelembab kental untuk menyerap kelembaban sebanyak mungkin. 

Panduan FDA untuk kosmetik

Terkadang tidak ada banyak perbedaan antara produk night cream yang murah dan yang mahal. Jangan percaya bahwa harga akan menentukan kualitas suatu produk. Yang paling penting adalah bahan yang terkandung di dalamnya. Produk night cream dan pelembab yang baik akan melindungi kulit dan tidak mengandung bahan berbahaya apapun. FDA tidak mengawasi dengan ketat produk kosmetik, sehingga akan sedikit sulit untuk mempercayai produk apa yang perlu Anda gunakan pada wajah. Meskipun kosmetik tidak perlu mendapatkan persetujuan dari FDA untuk dapat dipasarkan di pasaran, FDA masih meminta para produsen kosmetik untuk mencantumkan komposisi bahan yang digunakan dalam produk mereka, sehingga konsumen dapat membuat keputusan terinformasi saat memilih produk night cream, pelembap, atau produk kosmetik dan perawatan kulit lainnya. 

Namun, membaca label produk terbilang sulit untuk orang awam, terutama dengan banyaknya istilah-istilah asing yang digunakan oleh para produsen produk kosmetik. Misalnya, beberapa orang akan kesulitan dalam membedakan apa itu “fragrance-free” dan “unscented”. 

Yang dimaksud dengan fragrance-free pada produk night cream atau kosmetik lainnya adalah tidak ada pewangi yang ditambahkan ke dalam produk. Namun, bahkan produk yang bebas pewangi tidak selamanya bebas pewangi. Bahan alami atau minyak esensial, yang bertindak sebagai pewangi, tidak akan disebutkan sebagai pewangi. Kebanyakan pewangi bersifat sintetis, dan menutupi racun yang menyebabkan reaksi dan alergi kulit. Sementara itu, produk unscented dapat juga mengandung pewangi. Untuk menutupi bau yang tidak sedap, produk dapat memasukkan pewangi sintetis yang dapat memicu reaksi alergi. 

Ada pula produk night cream, pelembap, dan produk kecantikan atau perawatan kulit lainnya yang mengklaim “hypoallergenic”. Produk dengan label ini berarti berisiko lebih kecil dalam menyebabkan reaksi alergi pada beberapa konsumen. Namun, meskipun sebuah produk memiliki label hypoallergenic, belum tentu produk tersebut aman, mengingat panduan produk kosmetik tidak ketat. 

Mungkin akan sedikit membingungkan bagi Anda dalam memilih produk night cream, pelembap, ataupun produk perawatan kulit lainnya. Untuk membantu memutuskan produk mana yang tepat, ketahui jenis kulit dan lakukan tes kecil pada kulit Anda, dengan cara meletakkan produk dalam jumlah kecil dan tunggu apakah ada reaksi alergi atau tidak. Jika kulit tidak alergi atau menunjukkan reaksi apapun, produk tersebut aman untuk digunakan. 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/cosmetic-safety/healthy-facial-moisturizers#Product-Review
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/hydration-moisture#intro

Main Voli? Miliki Sepatu Voli dan Perlengkapan Penunjang

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda jadikan hobi sampai profesinya. Salah satu yang menarik adalah bermain voli. Sama seperti olahraga lainnya, bermain voli pun tidak lepas dari risiko cedera karena gerakan yang cepat dan frekuensi loncatan yang tinggi saat bermain olahraga bola yang satu ini. 

sepatu volly terbaik

Pemakaian perlengkapan yang menunjang bisa meminimalkan risiko cedera. Contohnya saja ketika Anda menggunakan sepatu voli, gerak Anda akan lebih fleksibel sehingga kemungkinan terjatuh atau kecengklak bisa dikurangi. 

Namun tentunya, perlengkapan ideal untuk bermain olahraga voli bukan hanya sepatu voli. Masih banyak perlengkapan penunjang lain yang sebaiknya Anda miliki ketika serius dan rajin melakukan olahraga yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan dasar untuk bermain bola voli. Apakah ada yang sudah Anda miliki? 

Bantalan lutut

Bantalan lutut bola voli sangat ampuh mencegah cedera. Bantalan lutut ini sangat ampuh untuk mencegah memar dan luka di sekitar area lutut ketika Anda aktif bermain voli.Namun, seseorang harus memilih bantalan yang sesuai dengan usia dan pengalamannya. Sebagai contoh, atlet yang lebih muda sebaiknya menggunakan bantalan yang lebih tebal karena para pemain ini kurang berpengalaman dalam melakukan diving untuk mendapatkan bola. Sementara itu, atlet yang lebih tua dengan lebih banyak pengetahuan bisa memilih bantalan lutut yang lebih tipis. 

Pelindung Pergelangan Kaki

Cedera paling umum yang terkait dengan pemain bola voli adalah pergelangan kaki yang terkilir. Untuk menghindari masalah ini, sangat bijaksana jika Anda memiliki sepasang kawat pergelangan kaki yang baik. Pelindung pergelangan kaki ini telah terbukti menurunkan cedera hingga 40 persen. Dengan adanya pelindung pergelangan kaki, kaki Anda menjadi lebih stabil sekaligus tidak terbeban. Risiko Anda untuk terkilir pun menjadi berkurang jauh. 

Sepatu Voli 

Tentu saja ketika bermain olahraga voli sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu lari atau sepatu sehari-hari. Idealnya, Anda harus menggunakan sepatu voli! Sepatu voli bersifat lebih lentur dan ringan sehingga gerakan Anda dalam mengambil bola semakin leluasa. Menggunakan sepatu voli ketika melakukan olahraga yang satu ini juga bisa mengurangi risiko cedera yang mungkin menimpa Anda. Pasalnya, sepatu ini memiliki bantalan yang cukup tebal di bagian sol dalam sehingga kaki Anda tidak sakit ketika mendarat dengan keras dari posisi meloncat. 

Pelindung Siku 

Saat bermain voli, siku adalah bagian lain dari tubuh Anda yang bisa mudah mengalami cedera. Umumnya, siku pemain voli akan sering mengalami benturan dan goresan sebagai imbas mengambil bola-bola rendah. Risiko tersebut tentu bisa dikurangi ketika Anda memakai pelindung siku yang menyerupai bantalan. 

Jersey 

Pakaian juga sangat menentukan kenyamanan Anda dalam bermain olahraga bola voli. Pakaian yang pas untuk bermain voli sebaiknya adalah jersey. Di mana bajunya ringan dan 

memungkinkan fleksibilitas gerak tubuh. Model baju ini juga nyaman dipakai karena memberikan dan kemampuan aliran udara yang maksimal dan bahannya menyerap keringat optimal. Celana pendek spandex pun cocok untuk menjadi perlengkapan atasan jersey karena fleksibel, ringan, dan menyerap bau. 

Tas Bola Voli

Setelah memiliki perlengkapan dan pakaian bola voli yang tepat, penting untuk memiliki peralatan khusus untuk menjaga semuanya tetap teratur dan mudah diakses. Pastikan Anda membawa tas khusus ketika hendak bermain voli. Tas voli sebaiknya memiliki banyak kompartemen dan kantong. Ini akan memberikan ruang untuk memisahkan peralatan dan menjauhkan barang-barang bersih dari pakaian yang berkeringat dan bekas. Kebanyakan orang lebih menyukai gaya ransel sebagai tas voli di mana beratnya dapat didistribusikan secara merata di kedua bahu. 

Tidak harus memiliki perlengkapan bermain voli secara sekaligus. Untuk langkah awal, mulailah dengan membeli sepatu voli yang tepat agar bermain menjadi nyaman dan minim cedera.

Inilah Cara Memilih Berbagai Rumah Sakit Pekalongan Terbaik

Jika Anda perlu pergi ke rumah sakit untuk menemui dokter spesialis, Anda berhak memilih rumah sakit dan spesialis mana yang dirujuk oleh dokter umum Anda. Rumah sakit yang Anda pilih untuk janji temu spesialis pertama Anda mungkin akan menjadi tempat yang sama Anda akan mendapatkan perawatan jika Anda membutuhkannya.

Di Rumah Sakit Pekalongan, Anda bisa memilih untuk dirawat sebagai pasien swasta atau publik. Pasien umum tidak perlu membayar biaya perawatan di rumah sakit dan biasanya ditangani oleh tim dokter yang ditunjuk oleh rumah sakit.

Pasien swasta dapat dirawat oleh dokter pilihannya, asalkan dokter tersebut memiliki hak untuk berpraktik di rumah sakit. Pasien swasta ditagih sesuai dengan asuransi kesehatan mereka.

Memilih spesialis sebagai pasien pribadi

Dokter Anda akan menyarankan spesialis yang paling tepat untuk Anda. Banyak pasien swasta menemukan spesialis mereka melalui rekomendasi dari dokter lokal mereka. Beberapa mengandalkan rekomendasi dari keluarga, teman atau rekan kerja, dan yang lain melakukan riset sendiri.

Memilih rumah sakit

Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan Victoria memberikan informasi statistik tentang kinerja rumah sakit umum, sehingga Anda dapat membandingkan rumah sakit di area perawatan tertentu, termasuk:

  • perawatan darurat
  • pasien dirawat
  • operasi elektif
  • kualitas, keamanan, dan pengalaman pasien
  • perawatan gigi
  • kesehatan mental.

memungkinkan Anda untuk mencari dan membandingkan informasi kinerja untuk lebih dari beberapa rumah sakit pekalongan baik umum maupun swasta termasuk waktu tunggu dan tingkat infeksi.

Situs web seperti sehatq.com dapat membantu Anda memutuskan rumah sakit mana yang akan Anda kunjungi untuk perawatan Anda.

Perawatan di rumah sakit umum

Anda dapat memilih untuk diterima sebagai pasien umum atau pribadi. Bahkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda masih dapat memilih untuk menjadi pasien umum di rumah sakit umum.

Menjadi pasien swasta di rumah sakit umum

Sebagai pasien swasta di rumah sakit umum, Anda dapat:

ditangani oleh dokter spesialis pilihan Anda, selama dokter spesialis tersebut memiliki hak untuk berpraktik di rumah sakit

Perawatan di rumah sakit umum

Anda dapat memilih untuk diterima sebagai pasien umum atau pribadi. Bahkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda masih dapat memilih untuk menjadi pasien umum di rumah sakit umum.

Perawatan di rumah sakit swasta

Sebagai pasien swasta yang menggunakan sistem rumah sakit swasta, Anda dapat memilih dokter atau spesialis Anda, dan rumah sakit swasta tempat Anda ingin menjalani prosedur, asalkan dokter pilihan Anda dapat merawat Anda di rumah sakit tersebut.

Asuransi kesehatan pribadi

Bahkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda mungkin masih harus membayar ekstra untuk masa inap di berbagai rumah sakit pekalongan 

Perusahaan asuransi kesehatan sering memiliki perjanjian dengan rumah sakit ‘pilihan’ untuk menekan pengeluaran Anda jika Anda memilih untuk dirawat di salah satu rumah sakit tersebut. Jika Anda memilih rumah sakit di luar daftar ini, pengeluaran Anda mungkin lebih tinggi. Hubungi perusahaan asuransi kesehatan Anda atau rumah sakit untuk informasi tentang biaya.

Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui yang Tepat

Cara Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui yang Tepat

Puting lecet merupakan kondisi di mana terdapat iritasi, luka kerak, dan nyeri pada bagian puting. Puting lecet saat menyusui paling sering terjadi karena posisi yang tidak benar.

Apabila Anda mengalami puting yang lecet karena menyusui, umumnya bisa dengan mudah diatasi di rumah. Simak penjelasan bagaimana cara mengatasi puting lecet dengan tepat agar Anda dapat kembali menyusui dengan nyaman.

Cara mengatasi puting lecet saat menyusui

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi puting lecet saat menyusui, beberapa di antaranya adalah:

1. Mengoleskan ASI

Anda bisa mengoleskan ASI di bagian yang lecet, baik dari ASI yang menetes maupun yang telah diperah sebelumnya. ASI dapat membantu melembabkan puting dan mengurangi pembengkakan payudara serta meredakan iritasi, namun tidak disarankan melakukannya apabila lecet tersebut disebabkan oleh infeksi jamur.

2. Gunakan krim atau jeli pelembab

Banyak sekali krim ataupun jeli yang dijual sebagai obat untuk mengatasi puting yang lecet, terutama yang mengandung lanolin dan vaseline. Aplikasikan setelah Anda menyusui, dan sebaiknya bersihkan sisanya dengan mengelapnya perlahan sebelum menyusui kembali.

3. Kompres atau basuh dengan air hangat

Basuh atau kompres puting dengan air hangat setelah menyusui dapat membantu menyembuhkan puting yang lecet. Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan handuk kecil yang direndam dalam air hangat, namun hindari mengeringkannya dengan hair dryer atau dijemur di bawah sinar matahari.

4. Oleskan minyak peppermint

Banyak ahli yang menyarankan untuk mengaplikasikan minyak peppermint pada puting yang lecet. Bahkan mereka menyebutkan minyak peppermint lebih efektif daripada ASI dalam menyembuhkan kondisi ini.

5. Mengubah posisi menyusui

Mengubah posisi menyusui akan mengurangi dan mengatasi puting yang lecet, ganti dengan posisi yang nyaman bagi Anda dan juga bayi. Pastikan memasukkan seluruh puting ke dalam mulut bayi, lakukan teknik relaksasi pernapasan, dan ganti payudara setiap kali menyusui. 

Apabila setelah Anda mencoba mengubah posisi menyusui dan tidak mengalami lecet setelah menyusui, Anda bisa tetap melanjutkannya dan biarkan luka lecet sembuh.

Berapa lama puting yang lecet akan sembuh bisa berbeda-beda tergantung dari keparahan kondisi yang dialami. Jika hanya lecet ringan dan nyeri, biasanya cukup beberapa jam atau hari saja sudah sembuh.

Namun jika lukanya terlalu besar, dalam, mengeluarkan nanah atau bahkan darah, bisa memakan waktu 2-3 minggu. Ketika jenis luka ini Anda alami, gunakan krim untuk mencegah kerak muncul dan mempercepat pemulihan lecet.

Penting untuk diingat bahwa tidak perlu mengaplikasikan krim, minyak, maupun ASI terlalu banyak. Sebab kondisi puting yang terlalu lembap justru bisa memperburuk gejala yang Anda alami.

Hindari penggunaan bra pad yang tidak berbahan ringan atau menyerap keringat karena bisa menahan kelembapan di bagian puting. Bersihkan bagian puting hanya dengan air bersih, tidak perlu menggunakan sabun apalagi dengan kandungan yang cukup keras.

Hindari penggunaan nipple shield saat menyusui karena bisa membuat payudara menjadi terlalu lembap dan memperburuk gejala. Jangan pernah mengeringkan puting dengan hair dryer atau di bawah sinar matahari karena bisa membuat kulit dehidrasi dan menambah kerusakan pada jaringan payudara yang lembut. 

Anda bisa berhenti menyusui apabila kondisi sudah terlalu parah dan menyakitkan jika digunakan untuk menyusui, namun kondisi ini jarang sekali terjadi. 

Konsultasikan pada dokter jika Anda mengenali adanya tanda-tanda infeksi pada puting lecet saat menyusui, seperti pembengkakan yang tidak normal, peradangan, keluar nanah, demam, atau rasa sakit, serta jika luka lecet Anda tidak segera sembuh setelah beberapa minggu atau setelah mengganti posisi menyusui.