Belum Tahu Apa Itu Tes Serologi Covid-19 Ini Penjelasanya.

Tes antibodi atau tes serologi covid-19 adalah tes darah yang mencari tanda-tanda infeksi COVID-19 sebelumnya. Ini mendeteksi antibodi, yang merupakan protein dalam darah yang melawan infeksi. Tes antibodi sangat menjanjikan karena akan membantu kita memahami penyebaran COVID-19 di komunitas kita.

Namun, tes antibodi tidak boleh diandalkan untuk memprediksi kekebalan individu secara akurat. Artinya, meskipun Anda menerima hasil antibodi positif, yang menunjukkan bahwa antibodi COVID-19 terdeteksi, Anda tidak akan mengetahui dengan pasti bahwa Anda tidak dapat tertular COVID-19 lagi. Setiap orang harus terus mengikuti rekomendasi tentang jarak fisik dan kebersihan sampai para ilmuwan dan dokter memahami penyakit ini dengan lebih baik. 

Apa perbedaan antara tes antibodi dan tes diagnostik?

Tes antibodi adalah tes darah yang mencari tanda-tanda infeksi COVID-19 sebelumnya. Tes diagnostik mencari tanda-tanda infeksi aktif saat ini. Tes diagnostik yang lebih disukai adalah swab nasofaring (melalui hidung).

Bagaimana cara kerja tes antibodi?

Sampel darah yang dikumpulkan dalam botol dikirim ke laboratorium di mana tes dijalankan untuk mencari keberadaan antibodi dalam serum darah. Kehadiran antibodi berarti bahwa tubuh memiliki respon imun untuk melawan virus.

Tes umum yang digunakan untuk pengujian serologis disebut tes ELISA, untuk uji imunosorben terkait-enzim. Saat ini, tes antibodi untuk COVID-19 mengembalikan banyak hasil positif palsu. Ini berarti bahwa meskipun tes memberikan hasil positif, yang menyiratkan bahwa seseorang memiliki antibodi COVID-19 dan sudah pulih dari penyakit virus corona, hal itu mungkin tidak terjadi.

Bagaimana Tes Serologi COVID19 Dilakukan?

Tes serologi COVID-19 melibatkan pengambilan sampel darah untuk memeriksa antibodi virus corona (SARS-CoV-2).

Darah diekstraksi dengan pengambilan darah vena, yaitu biasanya darah diambil dari salah satu vena Anda. Sampel darah ini kemudian diambil untuk pengujian dan analisis oleh dokter di laboratorium medis. 

Berapa Lama Hasil Tes Serologi COVID-19?

Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memberikan hasil tes serologi adalah 2-3 hari, tetapi bisa sedikit lebih lama dalam beberapa kasus.

Keadaan yang dapat menyebabkan jangka waktu yang lebih lama termasuk lokasi pengumpulan sampel Anda dan beban kerja laboratorium pengujian Anda. Unilabs selalu bekerja keras untuk memberikan hasil tes serologi Anda secepat mungkin, asalkan integritas prosedur tidak terganggu. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk memberi tahu Anda tentang penundaan yang tidak terduga, sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat.

Siapa yang Harus Mendapatkan Tes Serologi COVID-19?

Tes serologis dapat mengidentifikasi infeksi atau vaksinasi sebelumnya terhadap virus SARS-CoV-2 (COVID). Perlu juga diingat bahwa sekitar 1 dari 10 orang tidak akan menghasilkan antibodi, baik pasca infeksi maupun pasca vaksin, sehingga serologi tidak akan mengambil semua kasus COVID sebelumnya.

Pengujian tes serologi covid-19 telah direkomendasikan oleh IFCC dalam kasus berikut:

  • Dapat mendukung pengujian molekuler (yaitu pengujian LAMP dan PCR) yang telah negatif pada orang yang masih mengalami gejala mirip COVID selama lebih dari 14 hari
  • Dapat mendukung di mana pengujian molekuler mungkin terus-menerus positif setelah infeksi tampaknya telah teratasi
  • Untuk mendukung diagnosis sebelumnya pada anak-anak di mana ada kondisi peradangan kronis
  • Untuk informasi kesehatan masyarakat oleh pihak berwenang

Tes serologi TIDAK dianjurkan pada:

  • Orang dengan infeksi COVID tahap awal (kurang dari 14 hari)

Bisakah Saya Mengikuti Tes Serologi Setelah Vaksinasi COVID-19?

Iya. Tes serologi masih dapat menunjukkan apakah Anda terinfeksi COVID-19 di masa lalu. Antibodi yang dikembangkan oleh tubuh Anda beberapa minggu setelah vaksinasi virus corona berbeda dengan antibodi yang dideteksi oleh tes serologi. Jadi untuk menguji ini, Anda mungkin diminta untuk mengambil tes serologi covid-19 yang berbeda dari standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *