Jangan Keliru, Begini Cara Memakai Bedak untuk Kulit Kering

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Ketika akan memakai riasan wajah pun, Anda harus menyesuaikan jenis kulit dengan kandungan yang digunakan pada riasan tersebut. Apabila kulit Anda cenderung kering, maka pilihlah bedak untuk kulit kering

Adanya perbedaan komposisi pada produk beda memberikan pengaruh terhadap kondisi kulit Anda. Bila Anda memakai bedak yang memang dikhususkan bagi pemilik kulit kering, maka Anda akan mendapatkan nutrisi tambahan dari produk bedak tersebut yang mampu melindungi kulit dari kekeringan yang lebih parah.

Bedak untuk kulit kering harus memiliki formula yang melembapkan kulit

Cara pakai bedak untuk kulit kering

Bagi sebagian orang, memakai bedak mungkin cukup sederhana. Tidak ada perbedaan antara  cara pemakaian untuk jenis kulit apapun.

Namun, hal ini sebenarnya keliru. Ketika Anda memiliki kondisi kulit yang kering, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut saat memakai bedak:

  • Hindari bedak dengan efek matte-finish

Banyak orang menyukai bedak yang mampu memberikan hasil akhir matte. Ini membuat kulit tidak mudah berminyak dan tampak lebih segar.

Tapi, jenis bedak yang seperti ini bukanlah jenis bedak untuk kulit kering yang tepat. Karena ini justru akan membuat kulit semakin kering dan rentan terhadap berbagai masalah kulit.

Sebaiknya, pilihlah beda yang padat atau translucent dengan bahan dasar krim. Ini akan membuat kulit jadi tampak lebih sehat dan tidak mudah terkelupas karena terlalu kering.

  • Selektif memilih area wajah 

Kalau kulit Anda sensitif, sebaiknya jangan aplikasikan bedak di seluruh bagian di wajah Anda. Beberapa area wajah mungkin perlu dihindari, khususnya area yang lebih kering dibanding dengan area wajah lainnya.

Biasanya, area pipi akan jauh lebih kering dibandingkan dengan dahi, hidung, dan dagu. Hindari pemakaian bedak yang berlebihan di pipi, karena akan membuat kulit pipi semakin kering.

Tapi, memaksimalkan pemakaian bedak di area dahi, hidung, dan dagu agar area tersebut tidak mudah berminyak saat memakai riasan wajah.

  • Memakai pelembab sebelum make up

Ini merupakan langkah yang sangat penting. Sebelum menggunakan make up, Anda harus selalu memakai pelembab terlebih dahulu.

Pelembab akan membantu menutrisi sel kulit Anda agar menjadi lebih lembab dan terhindar dari kekeringan. Ini akan membantu agar riasan wajah menjadi lebih mudah menempel di wajah.

Selain itu, memakai pelembab juga akan meminimalisir kemungkinan kulit yang semakin kering setelah pemakaian bedak untuk kulit kering.

  • Jangan memakai bedak terlalu tebal

Anda mungkin merasa satu lapis bedak saja tidak cukup untuk menutupi noda-noda di wajah. Tapi, apabila kondisi kulit Anda cenderung kering, maka memakai bedak berlapis-lapis bukanlah pilihan yang tepat.

Memakai bedak terlalu tebal akan membuat kulit Anda jadi tidak merata. Riasan wajah pun akan terlihat lebih berantakan dari biasanya. 

Oleh sebab itu, meskipun satu lapis saja kurang bisa menutupi noda, usahakan untuk tidak menggunakan bedak untuk kulit kering terlalu tebal.

Hal-hal di atas sangat perlu diperhatikan apabila Anda memiliki kondisi kulit yang kering. Anda harus bisa memastikan riasan wajah tidak membuat kekeringan di wajah Anda justru semakin memburuk.

Imbangi pemakaian riasan wajah dan bedak dengan skincare. Pakailah skincare yang memang dirancang untuk menyehatkan kulit kering, seperti pelembab atau toner dengan kandungan hyaluronic acid.Anda bebas memilih bedak untuk kulit kering dari berbagai jenis brand kecantikan. Tapi, cobalah untuk memastikan lebih dulu komposisi setiap produk guna menghindari pemakaian yang tidak tepat dengan kondisi kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *