Main Voli? Miliki Sepatu Voli dan Perlengkapan Penunjang

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda jadikan hobi sampai profesinya. Salah satu yang menarik adalah bermain voli. Sama seperti olahraga lainnya, bermain voli pun tidak lepas dari risiko cedera karena gerakan yang cepat dan frekuensi loncatan yang tinggi saat bermain olahraga bola yang satu ini. 

sepatu volly terbaik

Pemakaian perlengkapan yang menunjang bisa meminimalkan risiko cedera. Contohnya saja ketika Anda menggunakan sepatu voli, gerak Anda akan lebih fleksibel sehingga kemungkinan terjatuh atau kecengklak bisa dikurangi. 

Namun tentunya, perlengkapan ideal untuk bermain olahraga voli bukan hanya sepatu voli. Masih banyak perlengkapan penunjang lain yang sebaiknya Anda miliki ketika serius dan rajin melakukan olahraga yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan dasar untuk bermain bola voli. Apakah ada yang sudah Anda miliki? 

Bantalan lutut

Bantalan lutut bola voli sangat ampuh mencegah cedera. Bantalan lutut ini sangat ampuh untuk mencegah memar dan luka di sekitar area lutut ketika Anda aktif bermain voli.Namun, seseorang harus memilih bantalan yang sesuai dengan usia dan pengalamannya. Sebagai contoh, atlet yang lebih muda sebaiknya menggunakan bantalan yang lebih tebal karena para pemain ini kurang berpengalaman dalam melakukan diving untuk mendapatkan bola. Sementara itu, atlet yang lebih tua dengan lebih banyak pengetahuan bisa memilih bantalan lutut yang lebih tipis. 

Pelindung Pergelangan Kaki

Cedera paling umum yang terkait dengan pemain bola voli adalah pergelangan kaki yang terkilir. Untuk menghindari masalah ini, sangat bijaksana jika Anda memiliki sepasang kawat pergelangan kaki yang baik. Pelindung pergelangan kaki ini telah terbukti menurunkan cedera hingga 40 persen. Dengan adanya pelindung pergelangan kaki, kaki Anda menjadi lebih stabil sekaligus tidak terbeban. Risiko Anda untuk terkilir pun menjadi berkurang jauh. 

Sepatu Voli 

Tentu saja ketika bermain olahraga voli sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu lari atau sepatu sehari-hari. Idealnya, Anda harus menggunakan sepatu voli! Sepatu voli bersifat lebih lentur dan ringan sehingga gerakan Anda dalam mengambil bola semakin leluasa. Menggunakan sepatu voli ketika melakukan olahraga yang satu ini juga bisa mengurangi risiko cedera yang mungkin menimpa Anda. Pasalnya, sepatu ini memiliki bantalan yang cukup tebal di bagian sol dalam sehingga kaki Anda tidak sakit ketika mendarat dengan keras dari posisi meloncat. 

Pelindung Siku 

Saat bermain voli, siku adalah bagian lain dari tubuh Anda yang bisa mudah mengalami cedera. Umumnya, siku pemain voli akan sering mengalami benturan dan goresan sebagai imbas mengambil bola-bola rendah. Risiko tersebut tentu bisa dikurangi ketika Anda memakai pelindung siku yang menyerupai bantalan. 

Jersey 

Pakaian juga sangat menentukan kenyamanan Anda dalam bermain olahraga bola voli. Pakaian yang pas untuk bermain voli sebaiknya adalah jersey. Di mana bajunya ringan dan 

memungkinkan fleksibilitas gerak tubuh. Model baju ini juga nyaman dipakai karena memberikan dan kemampuan aliran udara yang maksimal dan bahannya menyerap keringat optimal. Celana pendek spandex pun cocok untuk menjadi perlengkapan atasan jersey karena fleksibel, ringan, dan menyerap bau. 

Tas Bola Voli

Setelah memiliki perlengkapan dan pakaian bola voli yang tepat, penting untuk memiliki peralatan khusus untuk menjaga semuanya tetap teratur dan mudah diakses. Pastikan Anda membawa tas khusus ketika hendak bermain voli. Tas voli sebaiknya memiliki banyak kompartemen dan kantong. Ini akan memberikan ruang untuk memisahkan peralatan dan menjauhkan barang-barang bersih dari pakaian yang berkeringat dan bekas. Kebanyakan orang lebih menyukai gaya ransel sebagai tas voli di mana beratnya dapat didistribusikan secara merata di kedua bahu. 

Tidak harus memiliki perlengkapan bermain voli secara sekaligus. Untuk langkah awal, mulailah dengan membeli sepatu voli yang tepat agar bermain menjadi nyaman dan minim cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *