Manfaat Feburic, Obat Asam Urat

Gout atau penyakit yang lebih umum kita kenal dengan asam urat, adalah jenis arthritis yang umum terjadi di bagian kaki. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan obat asam urat khusus seperti Feburic.

Tidak hanya untuk mengatasi dan meredakan gejala asam urat saja, rupanya Feburic punya manfaat lainnya, lho. Apa saja ya?

Penyebab dan gejala asam urat

Sebelum kita membahas mengenai manfaat obat asam urat Feburic, kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan asam urat. Penyebab utama gout adalah kondisi yang disebut dengan hiperurisemia.

Apa itu? Hiperurisemia merupakan kondisi di mana terlalu banyak kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. 

Tubuh kita memproduksi asam urat ketika memecah purine. Purine merupakan senyawa yang ditemukan berkadar tinggi di dalam makanan tertentu, seperti contohnya daging merah, daging unggas, dan makanan laut.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun mayoritas dialami oleh laki-laki. Beberapa faktor risiko lainnya yang membuat Anda berisiko terkena asam urat:

  • Obesitas atau kegemukan
  • Gagal jantung
  • Diabetes
  • Riwayat asam urat atau gout
  • Hipertensi
  • Gangguan ginjal 
  • Sering mengonsumsi protein hewani
  • Sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak
  • Sedang dalam pengobatan diuretik

Gejala asam urat yang paling dirasakan adalah nyeri otot seperti tertarik, menimbulkan rasa tidak nyaman, inflamasi, dan kemerahan. Umumnya terjadi di bawah jempol kaki, namun juga bisa terjadi di betis, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan juga jari. 

Kandungan dan manfaat Feburic

Obat asam urat Feburic mengandung bahan aktif febuxostat yang mampu mencegah tingginya kadar asam urat yang diproduksi tubuh (hiperurisemia). Febuxostat tergolong obat xanthine oxidase inhibitors dengan cara kerja tersebut.

Dengan mengurangi kadar asam urat, maka juga akan mencegah kerusakan pada sendi, menghentikan serangan asam urat, dan mengurangi ukuran benjolan asam urat di kulit.

Selain itu Feburic juga dapat membantu mengatasi peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat adalam darah. Sehingga beberapa gejalanya seperti nyeri, bengkak, merah, dan sendi kaku dapat berkurang keparahannya.

Febuxostat mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan cara menghambat xanthine oxidase. Xanthine oxidase merupakan enzim yang membantu tubuh memproduksi asam urat dari senyawa tersebut.

Walaupun obat-obatan kerap diresepkan dan direkomendasikan untuk mengatasi gejala asam urat, namun Anda juga bisa mengatasinya dengan cara-cara yang lebih alami.

Bahkan dengan cara tersebut, Anda juga sekaligus bisa mencegahnya. Yakni dengan cara mengubah gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat. 

Contohnya seperti menjaga hidrasi tubuh dengan minum air (atau cairan lainnya) kira-kira 2-4 liter setiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi yang bisa membahayakan tubuh.

Kemudian hindari konsumsi alkohol berlebihan serta jaga berat badan ideal. Tubuh yang obesitas maupun kegemukan telah diketahui lebih rentang terkena gout atau asam urat. 

Feburic merupakan obat keras, sehingga membutuhkan resep dokter untuk bisa menggunakannya. Biasanya obat ini memiliki sediaan tablet yang dapat dikonsumsi dengan dosis sesuai anjuran dokter.

Sama seperti obat asam urat lainnya, sebaiknya Feburic dikonsumsi sesuai dosis untuk mengurangi risiko efek samping yang lebih serius. Kandungan febuxostat diketahui dapat memperburuk kondisi pasien yang memiliki gangguan pada jantung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *