Mengalami Skoliosis? Kunjungi Rumah Sakit Jember, Citra Husada

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang yang tidak normal. Bentuk normal tulang belakang seseorang meliputi lekukan di bagian atas bahu dan lekukan di punggung bawah. Jika tulang belakang Anda melengkung dari sisi ke sisi atau dalam bentuk seperti huruf “S” atau “C”, Anda mungkin menderita skoliosis. Rumah Sakit Jember, Citra Husada memiliki poli spesialis orthopedi yang membantu mengatasi masalah ini.

Penyebab skoliosis seringkali tidak dapat ditentukan. Penyebab umum yang mungkin diidentifikasi oleh dokter meliputi:

– Cerebral palsy, sekelompok gangguan sistem saraf yang mempengaruhi gerakan, belajar, mendengar, melihat, dan berpikir

– Distrofi otot, sekelompok kelainan genetik yang mengakibatkan kelemahan otot

– Cacat lahir yang memengaruhi tulang belakang bayi, seperti spina bifida

– Cedera tulang belakang atau infeksi

– Orang dengan riwayat keluarga skoliosis lebih mungkin mengembangkan kondisi ini. 

Bagaimana skoliosis didiagnosis?

Pemeriksaan fisik tulang belakang di Rumah Sakit Jember, Citra Husada adalah langkah pertama yang dilakukan dokter untuk melihat apakah Anda menderita skoliosis. Dokter mungkin juga memesan beberapa tes pencitraan untuk melihat lebih dekat tulang belakang.

Pemeriksaan fisik

Rumah Sakit Jember, Citra Husada akan mengamati punggung Anda saat berdiri dengan tangan di samping. Mereka akan memeriksa kelengkungan tulang belakang dan apakah bahu dan pinggang simetris. Selanjutnya, dokter akan meminta Anda untuk membungkuk ke depan, mencari kelengkungan di punggung atas dan bawah.

Pencitraan

Tes pencitraan yang mungkin diperintahkan dokter untuk mencari skoliosis meliputi:

– X-ray

Selama tes ini, sejumlah kecil radiasi digunakan untuk membuat gambar tulang belakang Anda.

– Pemindaian MRI

Tes ini menggunakan gelombang radio dan magnet untuk mendapatkan gambaran rinci tentang tulang dan jaringan di sekitarnya.

– CT scan

Selama tes ini, sinar-X diambil dari berbagai sudut untuk mendapatkan gambar tubuh 3D.

– Pemindaian tulang

Tes ini mendeteksi larutan radioaktif yang disuntikkan ke dalam darah Anda yang terkonsentrasi di area dengan sirkulasi yang meningkat, menyoroti kelainan tulang belakang.

Apa saja pilihan pengobatan untuk skoliosis?

Perawatan tergantung pada banyak faktor dan tingkat kelengkungan tulang belakang menjadi faktor utama. Rumah Sakit Jember, Citra Husada juga akan mempertimbangkan:

– Umur pasien

– Jumlah dan jenis kelengkungan

– Jenis skoliosis

Seseorang dengan skoliosis mungkin perlu menggunakan penyangga jika kelengkungannya lebih dari 25 hingga 40 derajat. Pemasangan kawat atau peyangga tidak akan meluruskan tulang belakang, tetapi dapat mencegah kelengkungan meningkat. Cara pengobatan ini lebih efektif untuk kasus yang terdeteksi sejak dini. Alat ini harus digunakan 16 hingga 23 jam sehari sampai mereka berhenti tumbuh. Efektivitas brace meningkat dengan jumlah jam mereka memakainya per hari.

Selain metode medis, penyembuhan skoliosis harus dibantu dengan beberapa teknik ini untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan:

Olahraga

Latihan dan peregangan untuk gejala nyeri skoliosis tidak dapat memperbaiki masalah yang mendasarinya, tetapi ini penting untuk kesehatan umum dan dapat membantu Anda tetap fleksibel. Mintalah rekomendasi Rumah Sakit Jember, Citra Husada untuk olahraga dan peregangan untuk membantu menjaga otot Anda tetap kuat dan mendukung.

Pengobatan

Obat nyeri seperti acetaminophen (Tylenol) dan ibuprofen (Advil) dapat membantu mengurangi rasa sakit. Bicaralah dengan dokter di Rumah Sakit Jember, Citra Husada tentang pilihan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Perawatan kiropraktik

Perawatan chiropractic dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas saat hidup dengan skoliosis. Perhatikan bahwa perawatan semacam ini bukanlah obat untuk menyembuhkan skoliosis. Carilah dokter spesialis orthopedi di Rumah Sakit Jember, Citra untuk menangani skoliosis dan menghindari memperburuk kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *